bela negara bukan angkat senjata

Sabtu, 02 Oktober 2010





menurut saya bela negara tidak messti angkad senjata. Bela negara adlah kmampuan warga negara dalam segenap profesinya untuk membela cita-cita dan tujuan nasional. Bela negara adalah hak dan kewajiban warga negara, bahkan merupakan kewajiban dasar manusia yang mengiringi hak asasinya. Bela negara merupakan tekad, sikap dan perilaku warga negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.bela negara jg bsa dilakukan oleh pelajar sprti kita-kitta dengan belajar,,,,bela ngara ittu memajukan bangsa negara kitta dalam membela ngara,,,,,,

memang juga sich,,,,kaluw kta cermati dlam UU 34/2004 tentang TNI, sistem pertahanan negara dalam menghadapi ancaman militer menempatkan TNI sebagai komponen utama dengan didukung oleh komponen cadangan dan komponen pendukung. Sedangkan dalam kerangka ancaman militer untuk kepentingan pertahanan negara, maka sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional yang berada di dalam atau di luar pengelolaan departemen yang membidangi pertahanan dimanfaatkan semaksimal mungkin, baik sebagai komponen cadangan, komponen pendukung, maupun sebagai unsur lain kekuatan bangsa.

Dalam suattu pertahanan pda dasarnya pendidikan kwarganegaraan sudah tercakup d'dalamnya pemahaman tentang kesadaran bela negara, yang merupakan fondasi bangunan sistem pertahanan yang bersifat semesta dengan melibatkan seluruh sumber daya, sarana dan prasarana nasional. Namun demikian, pertahanan semesta tidak akan dapat dimobilisasi jika warga negara atau sumber daya manusia yang menjadi sentral bergeraknya sistem itu tidak memiliki sifat perilaku yang dijiwai oleh kesadaran bela negara.

Sayangnya,,,,,, kini hanya sedikit tokoh maupun pimpinan yang menyadari akan arti pentingnya memasyarakatkan bela negara, nampaknya baru para TNI dan lainnya yang tetap peduli dengan konsep bela negara. maka darri ittu kita harus pham dan mendukung bela negara kita indonesia.....

maka itu sistem prtahanan negara mengamanatkan perlunya penyiapan bela negara sejak dini oleh pemerintah. Mengembangkan pengertian penyiapan skarang tsb,,,, mka dlakukan usaha pembinaan kesadaran bela negara sejak usia sekolah,,,sperti seusia smp attau pelajar ,..skolah dah gittu......, sehingga diharapkan para calon pemimpin bangsa mampu mnganalisa dan mengambil keputusan yang mengedepankan kepentingan bangsa dan negara kita..... Hal ini dpt dilakukan dengan membangun kemampuan para pendidik dalam mensosialisasikan bela negara.

Keberhasilan semua inni,,, pada gilirannya akan kelihatan pada tampilan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antar warga negara dengan negara, serta pengertian bela negara dalam arti yang luas sehingga menjadi warga negara yang dapat diandalkan dan mengrti smua arti ittu,,,,,.bahkan jadi adanya kemakmuran bagi bangsa kitta indonesia,,,,,terus maju mmbela negara kitta,,,,,,!!!!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar